Cara Mengembalikan Semangat Hidup Menurut Islam

cara mengembalikan semangat hidup menurut islam
cara mengembalikan semangat hidup menurut islam

AyoJawab.com-cara mengembalikan semangat hidup menurut islam merupakan salah satu tips agar jiwa seseorang dapat menemukan kembali gairah dan semangat hidup yang tinggi.

Cara mengembalikan semangat hidup menurut islam bisa digunakan sebagai acuan motivasi supaya hidup seseorang terasa lebih bermakna dan lebih baik.

Read More

Nah, jika ternyata anda merupakan salah satu dari beberapa orang yang semangat hidupnya sedang turun, anda bisa membaca tips yang kami sajikan ini dalam balutan artikel yang berjudul cara mengembalikan semangat hidup menurut islam.

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengembalikan semangat hidup tersebut, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu beberapa faktor yang menyebabkan semangat hidup seseorang menurun.

Faktor Penyebab Menurunnya Semangat Hidup

Menurut tim ayojawab.com ada sekitar 5 hal yang menjadi faktor penyebab menurunnya semangat hidup. Faktor-faktor tersebut ialah lama di zona nyaman, membandingkan diri, keinginan yang tidak relevan dengan keadaan, merasa tidak berguna dan negative thinking. Berikut ini penjelasan mengenai hal tersebut.

(1) Lama di Zona Nyaman

Zona nyaman adalah keadaan dimana anda merasa sudah sangat nyaman dengan hidup anda. Jika anda terlalu lama di zona nyaman tersebut, lama-lama anda akan merasa kehilangan semangat hidup. Hal itu terjadi karena anda terus menerus merasakan hal yang sama dalam keadaan yang sama sehingga membuat anda merasa sangat bosan.

(2) Membandingkan Diri

Jika mental anda lemah dan anda sering membandingkan diri anda dengan orang-orang yang sudah sukses, banyak harta, keluarga bahagia, pekerjaan mapan dan lain-lain, hal tersebut bisa membuat mental anda menjadi semakin lemah dan kehilangan semangat hidup anda.

(3) Terlalu Banyak Keinginan

Jika anda memiliki terlalu banyak keinginan dan harapan, namun keinginan tersebut tidak kunjung terealisasi atau terwujud, maka hal itu bisa menyebabkan anda kehilangan semangat hidup anda. Keinginan yang tidak kunjung terwujud karena kondisi yang tidak memungkinkan bisa mempengaruhi mental dan kejiwaan anda.

(4) Merasa Tidak Berguna

Hal yang satu ini menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam menurunnya semangat hidup seseorang. Perlu untuk anda ketahui bahwa kejadian bunuh diri sering terjadi karena hal ini. Mereka umumnya merasa sudah tidak berguna, merasa tidak dibutuhkan, merasa hanya menjadi beban orang lain dan lain sebagainya.

(5) Negative Thinking

Penyebab menghilangnya semangat hidup yang terakhir ialah selalu negative thinking atau berpikiran buruk. Jika anda selalu memandang setiap keadaan dari sisi buruknya saja, seperti menganggap kegagalan sebagai kesialan, overthinking terhadap sesuatu dan lain sebagainya, niscaya semangat hidup anda akan sangat mudah menghilang.

setelah mengetahui sebab-sebab menghilangnya semangat hidup, berikut ini kami sajikan untuk anda tips atau cara mengembalikan semangat hidup menurut islam. cek this out!

Cara Mengembalikan Semangat Hidup Menurut Islam

Cara mengembalikan semangat hidup menurut islam yang akan kami sajikan ini, kami kutip dari beberapa pendapat ustadz atau ulama yang sudah ahli di bidangnya. jadi tidak usah ragu lagi menerapkan tips yang akan kami sajikan berikut ini. Berikut ini adalah cara supaya semangat hidup anda bisa meningkat kembali.

(1) Membersihkan Hati

Cara mengembalikan semangat hidup menurut islam yang pertama ialah dengan membersihkan hati. Jika anda selalu merasa menjadi pribadi yang buruk, selalu negative thinking, merasa tidak berguna dan lain sebagainya, cobalah untuk membersihkan hati anda.

Buanglah semua prasangka dan pikiran buruk yang ada pada diri anda. maka niscaya semangat hidup anda akan kembali membaik. Diantara cara-cara membersihkan hati menurut islam ialah dengan berdzikir, membaca alquran, menjaga kesucian badan dengan wudlu, bersedekah, dan memaafkan orang lain.

(2) Bergantunglah Hanya Kepada Allah

Cara mengembalikan semangat hidup menurut islam yang kedua ialah dengan bergantung hanya kepada Allah. Bergantunglah hanya kepada Allah, maka hati anda akan menjadi lebih tenang dan ikhlas.

Dengan bergantung kepada Allah, maka diri anda akan menjadi selalu husnudzon (berpikiran / berprasangka baik) terhadap semua hal yang terjadi pada diri anda. Semua pikiran buruk anda akan menghilang, bisa menerima keadaan diri, dan pikiran anda akan menjadi lebih positif dari sebelumnya.

(3) Perbanyak Bersholawat

Cara mengembalikan semangat hidup menurut islam yang ketiga ialah dengan memperbanyak sholawat.  Salah satu anjuran untuk membaca Sholawat kepada Nabi terdapat dalam Al-Qur’an (QS Al-Ahzab: Ayat 56) yang bermakna:

“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian kepada Nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” 

Salah satu manfaat dan keutamaan sholawat kepada Nabi ialah dikabulkannya hajat yang kita panjatkan kepada Allah Swt. Dengan memperbanyak sholawat, insyaAllah keinginan dan harapan kita akan dikabulkan oleh Allah SWT, sehingga rasa semangat dalam diri kita akan meningkat kembali.

(4) Perbanyak Silaturahmi

Beberapa manfaat dari silaturahmi ialah melapangkan rezeki, memperpanjang umur, menghilangkan perselisihan, dan mendapatkan rahmat. Dengan memperbanyak silaturahmi maka hidup kita akan jauh lebih berwarna dan lebih bermakna.

Kita juga bisa menjadi pribadi yang lebih berguna bagi orang lain. Jalan rejeki kita juga akan dibuka lebih lebar lagi oleh Allah, sehingga ada gairah baru dalam diri kita dan membuat kita keluar dari zona nyaman.

Itulah tips atau cara mengembalikan semangat hidup menurut islam yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang sudah kami sampaikan ini bermanfaat untuk anda. Bacalah artikel lain seperti motivasi hidup islami supaya kehidupan anda jauh lebih bersemangat lagi. Akhir kata, tetap semangat dan ampai jumpa!

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *