Tugas Pokok Guru BK Di Sekolah SMA SMP SD

Tugas pokok guru BK
Tugas pokok guru BK

Ayojawab.comTugas pokok Guru BK di sekolah pada postingan kali ini akan menambah pemahaman Anda yang telah mengabdi sebagai Guru BK di sekolah ataupun Anda yang sekarang masih sebagai mahasiswa calon guru bimbingan konseling (BK).

Tugas pokok guru BK di sekolah dalam Kurikulum Merdeka apakah juga sudah Anda pahami? Jika belum, maka tepat sekali Anda berkunjung ke laman ayojawab.com ini.

Read More

Tugas pokok guru BK di sekolah yang tercantum pada kurikulum merdeka belajar pada prinsipnya tidak beda jauh dengan tugas pokok guru BK di sekolah yang telah digariskan oleh ketentuan dalam kurikulum 2013. Hanya saja pada kurikulum merdeka tugas pokok dan fungsi guru BK perlu penguatan kembali.

Tugas Pokok Guru BK Di Sekolah Apa Saja?

Tugas pokok guru BK di sekolah akan segera kita uraikan pada laman ini. Namun sebelum itu, ada baiknya juga kita simak beberapa penjelasan yang berkaitan dengan peran dan fungsi guru BK di sekolah. Silahkan Ada simak!

Kebijakan Merdeka Belajar Bagi Guru BK

Kebijakan merdeka belajar bagi guru BK dapat diimplementasikan secara menyenangkan. Dimana peserta didik dapat terbantu untuk memecahkan permasalahannya tanpa harus terbebani oleh perasaan atau pun konflik lanjutan.

Siswa/konseli juga dapat memutuskan sendiri alternatif solusi dai masalah yang sedang dihadapinya. Guru  BK membantu menemukan alasan dari masalah yang dihadapi oleh peserta didik.

Selain itu di dalam program kurikulum merdeka, guru BK diharapkan bisa memenuhi harapan yang diinginkan oleh peserta didik ataupun klient.  Oleh karena itu, guru BK lebih mengembangkan metode dalam praksis BK bagaimana cara menghadapi tantangan dalam merdeka belajar.

Peran Guru BK Dalam Program Merdeka Belajar

Peran guru BK dalam mendukung kesuksesan penerapan program merdeka belajar berkaitan dengan upaya meningkatkan eksistensi guru BK itu sendiri, serta penghargaan dari pihak lain. Selain itu, peran guru BK harus memberi dampak yang konstruktif bagi peningkatan kinerja.

Dari perspektif ini, guru BK dapat mengatur perannya agar sejalan dengan kebijakan merdeka belajar. Kemampuan mengatur diri dalam konteks menjalankan tugas profesi sebagai guru BK sudah sangat diperlukan dalam implementasi kurikulum ini.

Jika dikaitkan dengan program merdeka Belajar, maka BK memiliki kebebasan dalam berinovasi dan berkreasi. Khususnya dalam memilih strategi pemberian layanan untuk membantu mengatasi segala permasalahan yang sedang dihadapi oleh peserta didik/konseli. Termasuk di dalamnya dengan pendekatan berbasis perkembangan teknologi dan informasi.

Tuntutan Kompetensi Guru BK

Dalam kurikulum merdeka tentunya ada tuntutan kompetensi yang harus di-upgrade oleh para guru BK. Guru BK harus berkompeten dalam bidang bimbingan dan konseling, yang menguasai beberapa aspek yaitu:

(1) Kepemimpinan yang ditunjukkan memiliki perilaku keaslian, visibel, berbudaya, dan pelayanan yang berkualitas

(2) Sistem yang mencakup; program, layanan, materi, struktur proses, sikap bijak, teknik, dan kemampuan melakukan;

(3) Domain yang mencakup; afektif, kognitif, akademik- pendidikan, karier, pribadi-sosial;

(4) Memberikan bantuan yang mencakup;pencegahan, pengembangan, perbaikan, dan intervensi krisis;

(5) pelayanan yang bersifat pencerahan, mencakup; asesmen, diagnostik, perencanaan dan persiapan, implementasi-monitoring, dan evaluasi-pendauran ulang (siklus); dan

(6) Evaluasi yang mencakup; formatif, sumatif, tindakan, belajar, tingkah laku, hasil, dan tujuan akhir

Tugas Pokok Guru BK Di Sekolah Dalam Kurikulum Merdeka

Tugas pokok guru BK dalam kurikulum merdeka pada prinsipnya masih tetap berpedoman pada ketentuan yang lalu. Hanya saja tugas pokok guru BK dalam kurikulum merdeka lebih dibebaskan dalam memilih metode bimbingan dan konseling.

Tugas Pokok Guru BK di sekolah
Tugas Pokok Guru BK Secara Umum

Tugas pokok guru BK sebagaimana disampaikan oleh Dewa Ketut Sukardi, di antaranya:

(a) mensosialisasikan kegiatan layanan BK

(b) merencanakan program BK

(c) melaksanakan persiapan termasuk perencanaan kegiatan BK

(d) melaksanakan layanan BK terhadap sedikitnya 150 orang siswa

(e) melaksanakan kegiatan pendukung BK

(f) mengadakan penilaian proses dan hasil kegiatan layanan BK

(g) menganalisis hasil penilaian BK

(h) melaksanakan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis penilaian BK

(i) mengadministrasikan kegiatan BK

(j) mempertanggung jawabkan tugas dan kegiatan BK kepada Koordinator BK

Anda juga bisa mempelajari tugas pokok guru BK dan fungsinya dalam kurikulum 2023.

Kesiapan Guru BK Menghadapi Merdeka Belajar

Kebijakan merdeka belajar merupakan transformasi pendidikan yang ditetapkan pada saat  pandemi  Covid-19.  Tentunya dalam  pelaksanaannya masih menghadapi  kendala  dan  tantangan, terutama  dalam  kesiapan  guru. Termasuk guru BK di dalamnya.

Kesiapan guru BK sekolah sebagai agen perubahan, sebagai agen pencegahan, sebagai pengembang karir, sebagai konselor, sebagai konsultan, sebagai koordinator, sebagai asesor sangat dibutuhkan dalam mensukseskan implementasi program merdeka belajar.

Dalam pelaksanaan pembelajaran, Guru BK tentunya memiliki peran berbeda dengan guru mata pelajaran. karena guru BK akan fokus pada layanan BK yang mana tidak hanya terfokus pada capaian akademik atau kognitif. Tetapi lebih kepada membantu siswa untuk  mencapai prestasi akademik dengan optimal, mengatasi hambatan belajar,  pengembangan  karakter, serta membantu pengembangan “life skill“ siswa.

Kendala Guru BK dalam Program Merdeka Belajar

Beberapa kesiapan yang dapat mendukung kesuksesan guru BK dalam program merdeka belajar di antaranya:

(1) Pengalaman dengan merdeka belajar

Pengalaman personal para guru BK terkait merdeka belajar masih minim menjadi alasan guru BK belum mampu mengadopsi kemerdekaan belajar secara cepat.

(2) Akses yang Dimiliki dalam Pembelajaran

Adanya  perbedaan  akses  digital  dan  akses  internet  yang  belum  merata  juga  menjadi kendala  yang  dihadapi  guru  BK  dalam  pelaksanaan  merdeka  belajar.

(3) Manajemen Waktu

Gru BK mungkin membutuhkan waktu lebih  untuk  belajar  lagi  supaya  dapat  adaptif  dengan  tuntutan perubahan  yang  diharapkan.

(4) Kompetensi (Skill) yang belum memadai

Minimnya  pengalaman  mempengaruhi kualitas  atau  kompetensi  yang  dimiliki  guru  BK, bahkan beberapa  guru  masih mengalami kesulitan dalam keterampilan dasar belajar di era digital.

Tugas pokok guru BK di sekolah pada kurikulum merdeka belajar yang kami sajikan sebagai menambah referensi para guru BK ataupun Anda yang masih sebagai mahasiswa program studi Guru BK. Anda dapat mempelajari lebih lanjut materi dari berbagai sumber yang tersedia. Salam sukses untuk Anda semua! Salam!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *