Tuliskan Jenis Wisata Menurut Tujuan Perjalanan dan Berikan Contohnya!

Tuliskan jenis wisata menurut tujuan perjalanan dan berikan contohnya
Jenis wisata menurut tujuan perjalanan dan contohnya

Tuliskan Jenis Wisata Menurut Tujuan Perjalanan dan Berikan Contohnya – Hallo sahabat wisata, selamat datang di laman ayojawab.com. Bagi kalian yang mempunyai hobi berwisata atau touring, tentunya kalian sudah sering berwisata ke berbagai tempat bukan? Bisa itu pantai, gunung, kota, dan lain sebagainya. Nah tahukah sahabat, bahwa ternyata tempat-tempat wisata itu ada jenis-jenisnya loh!

Tuliskan jenis wisata menurut tujuan perjalanan dan berikan contohnya! Nah, bagi kalian yang masih bersekolah dan tiba-tiba guru kalian memberikan pertanyaan tersebut, apakah kalian bisa langsung memberikan jawabannya? Jika kalian masih kesulitan untuk merinci jawabannya, berikut akan kami ulas secara lengkap. Sekaligus untuk memberikan pengayaan pengetahuan mengenai jenis pariwisata dan contohnya.

Read More

Yuk, mati kita simak!

Jenis Wisata yang Perlu Kamu Tahu!

Jenis tempat wisata yang perlu kamu ketahui itu sebenarnya ada banyak, dan mungkin ada beberapa yang masih asing di dengar oleh kalian. Beberapa tempat wisata yang populer seperti wisata mangrove, hutan mangrove pik, sevillage puncak, telaga warna, merapi lava tour, dan pulau ranoh memang sudah banyak diketahui. Namun pernahkan sahabat mendengar tempat wisata seperti Dusun Bambu Lembang, Curug Bayan, Bukit Waruwangi, Bukit Sibea Bea, Mandapa Kirana, The Lodge Maribaya? Pasti sahabat cukup asing bukan dengan tempat wisata tersebut!

Nah, jika sahabat penasaran dengan apa saja sih jenis-jenis tempat wisata perlu kita kenali, berikut ini tim ayojawab.com akan memberitahukannya kepada Anda. Namun sebelum itu, kami akan menjelaskan dahulu tentang apa itu wisata dan semua hal yang berhubungan dengannya. Check this out!

Apa itu Wisata?

Secara umum wisata didefinisikan sebagai berikut:

Wisata adalah kegiatan bepergian secara bersama-sama guna memperluas pengetahuan, bersenang-senang, menenangkan diri, mencoba hal baru, dan lain sebagainya.

Jadi segala bentuk hal yang berhubungan dengan hal-hal tersebut bisa di katakan sebagai wisata.

Apa Itu Wisatawan?

Lantas, apa yang dimaksud wisatawan? Apakah kamu pernah jadi seorang wisatawan? Ternyata wisatawan adalah orang yang berwisata atau orang yang melakukan sebuah kegiatan wisata. Dan pastinya kalian semua sudah pernah jadi wisatawan bukan?

Ada 3 (tiga) jenis wisatawan, yaitu:

  • wisatawan asing
  • wisatawan lokal
  • wisatawan domestik

Wisatawan Asing

Wisatawan asing adalah semua wisatawan yang berasal dari luar negeri atau wisatawan mancanegara. termasuk juga jika kalian jalan-jalan ke luar negeri. maka kalian akan dikategorikan sebagai wisatawan asing oleh pihak otoritas negara yang kalian kunjungi.

Wisatawan Lokal 

Sedangkan yang dimaksud wisatawan lokal adalah wisatawan yang berasal dari daerah tempat wisata itu sendiri. Misalnya kamu pergi berekreasi di tempat wisata yang ada di daerah tempat kelahiran mu sendiri.

Wisatawan Domestik

Adapun yang dimaksud wisatawan domestik adalah wisatawan yang berasal dari dalam negeri dimana lokasi wisata tersebut berada.

Itulah penjelasan mengenai ketiga jenis wisatawan tersebut menurut KBBI. Pembahasan yang selanjutnya ialah  pengertian tentang pariwisata.

Apa Itu Pariwisata?

Pariwisata adalah yang tempat yang berhubungan dengan perjalanan untuk rekreasi atau untuk wisata. Jadi semua tempat atau daerah yang sering digunakan untuk kegiatan wisata bisa di sebut sebagai sebuah pariwisata.

Bentuk pariwisata dibedakan menjadi dua hal, yaitu pariwisata aktif dan pariwisata pasif. Berikut ini penjelasan mengenai kedua hal tersebut.

(1) Bentuk Kegiatan Pariwisata Aktif

Bentuk kegiatan pariwisata aktif adalah kegiatan pariwisata yang memiliki tujuan agar pengunjung banyak bergerak, melakukan aktivitas, atau melakukan keterampilan fisik. Kegiatan wisata yang membuat pengunjung melakukan beberapa aktivitas misalnya ialah perjalanan petualangan ke hutan atau gunung, hiking, tubing, arung jeram, menjelajahi sungai, bersepeda dan lain sebagainya.

(2) Bentuk Kegiatan Pariwisata Pasif

Bentuk kegiatan pariwisata pasif adalah kegiatan pariwisata yang memiliki tujuan agar wisatawan tidak melakukan banyak gerakan saat mengunjungi sebuah tempat wisata. Pariwisata jenis ini cenderung digunakan untuk menenangkan perasaan, atau sekedar untuk menikmati apa yang tersedia di objek wisata tersebut. Tempat wisata tersebut biasanya ialah wisata alam, wisata religi atau wisata budaya.

Di tempat itu, wisatawan umumnya hanya sekedar menikmati pemandangan, jalan-jalan, menikmati keindahan alam, menikmati udara sejuk, atau hanya sekedar mengamati bagaimana masyarakat disana hidup, bersosialisasi,dan berinteraksi.

Jenis Wisata Menurut Jenis Wisatawan

(1) Wisata Petualangan

Jenis wisata ini pada umumnya mengambil tempat wisata seperti di alam atau lingkungan alam. Biasanya medan yang dilalui wisata ini cukup terjal dan menantang. Salah satu wisata petualangan ini adalah mendaki gunung, panjat tebing, telusur gua, telusur hutan, arung jeram, dan lain sebagainya.

(2) Wisata Minat Khusus

Wisata minat khusus pada umumnya dilakukan oleh orang-orang yang tertarik dengan sesuatu. Wisata jenis ini pada umumnya tidak menarik bagi sebagian wisatawan karena alasan tertentu. Contoh wisata minat khusus pada umumnya ialah wisata yang cukup ekstrim, seperti rafting, hiking, diving, climbing, dan lain sebagainya.

(3) Wisata Backpacker

Wisata backpacker ialah wisata yang bebas. Mereka bebas mengatur waktu, tempat, tujuan sesuai dengan keinginan mereka. Wisata backpaker umumnya lebih hemat dan tidak menghabiskan banyak uang untuk bepergian. Mereka dapat istirahat dan tidur dimana saja, dan kapan saja.

Wisata backpacker lebih memilih menggunakan transportasi umum daripada kendaraan khusus untuk berwisata. Wisatawan backpacker biasanya dilakukan oleh anak muda. Modal utama wisata ini adalah niat dan nekat. Tempat yang mereka kunjungi juga beragam atau tidak di batasi apapun.

(4) Wisata Dengan Berbagai Minat

Jenis wisata ini dilakukan oleh orang-orang yang pada umumnya memiliki multi-minat atau justru tidak memiliki minat khusus. Dengan kata lain, pariwisata ini adalah jenis pariwisata umum yang dapat dinikmati oleh semua kalangan usia. Contohnya antara lain:

  • wisata pantai
  • wisata alam
  • wisata budaya
  • wisata sejarah
  • wisata belanja
  • wisata kuliner, dan lain sebagainya.

Tuliskan Jenis Wisata Menurut Tujuan Perjalanan dan Berikan Contohnya!

Tuliskan jenis wisata menurut tujuan perjalanan dan berikan contohnya! Mari kita jawab bersama pertanyaan ini. Ulasan berikut memang kami sengaja untuk membantu sahabat menjawab soal tersebut. Silakan disimak!

Jenis tempat wisata yang perlu kamu ketahui berikut ini, ada sekitar 10 jenis. Adapun jenis tempat wisata tersebut antara lain:

  1. wisata alam
  2. wisata bahari
  3. wisata budaya
  4. wisata edukasi
  5. wisata religi
  6. wisata kuliner
  7. wisata belanja
  8. wisata pertanian
  9. wisata ziarah
  10. wisata sejarah

Setelah membaca pembahasan berikut kalian sudah dapat menjawab soal Tuliskan jenis wisata menurut tujuan perjalanan dan berikan contohnya!

Jenis-jenis tempat wisata dan contohnya
Jenis-jenis tempat wisata dan contohnya

Selamat membaca!

(1) Jenis Wisata Alam

Jika kalian diminta untuk tuliskan jenis wisata menurut tujuan perjalanan dan berikan contohnya, maka jenis tempat yang dapat kalian jadikan bahan jawaban adalah jenis wisata alam. Wisata alam juga dikenal sebagai wisata konservasi yang melibatkan kunjungan ke alam seperti:

  • taman lindung
  • cagar alam, dan
  • kawasan yang dilindungi oleh undang-undang konservasi.

Kebanyakan pecinta alam pergi untuk melakukan perjalanan ini. Jika Anda suka berfoto, jenis wisata ini cocok untuk Anda. Hal yang dapat dinikmati dari wisata alam ialah lingkungan yang asri, ekosistem yang terjaga, serta udara yang sejuk yang menyegarkan. Contoh wisata konservasi adalah:

  • Cagar Alam Bali
  • Taman Nasional Bali Barat
  • Taman Nasional Gunung Merbabu, dan lain-lain.

(2) Jenis Wisata Bahari

Jenis tempat wisata yang perlu kamu ketahui yang kedua ialah wisata bahari. Wisata bahari disebut juga wisata laut atau wisata air. Perjalanan ini juga mencakup olahraga air seperti olah raga di pantai, teluk atau danau. Wisata bahari biasanya mencakup kegiatan:

  • memancing
  • berlayar
  • berselancar
  • menyelam berperahu
  • snorkling, dan lain-lain.

Saat wisata bahari, sahabat bisa merasakan keindahan dasar laut sambil menyelam. Di lokasi wisata laut umumnya terdapat taman bawah laut di mana sahabat dapat menikmati keindahannya saat bersnorkling atau menyelam.

(3) Jenis Wisata Budaya

Tujuan dari wisata budaya adalah untuk meningkatkan pandangan dan wawasan hidup Anda. Wisata budaya, terutama ke luar negeri, memungkinkan Anda untuk belajar tentang gaya hidup masyarakat negara itu dan belajar tentang seni, budaya dan adat istiadatnya.

Fokus dari wisata budaya adalah destinasi wisata dengan sumber daya manusia dan budayanya. Pada umumnya orang-orang membuat sesuatu sesuai dengan budaya mereka. Tentunya nilai dan norma lokal berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya, hal itu terjadi karena keunikan identitas dan karakteristiknya. Contoh tempat wisata yang berkaitan dengan budaya antara lain seperti:

  • Candi Borobudur
  • Candi Prambanan
  • Benteng
  • Bangunan masjid tua
  • Gereja kuno, dan lain-lain.

(4) Jenis Wisata Edukasi

Wisata edukasi ini biasanya dilakukan oleh anak-anak dan siswa sekolah. Perjalanan pendidikan atau wisata edukasi dirancang sebagai cara untuk mendukung kurikulum. Wisata edukasi menjanjikan konten yang lebih mudah dimengerti oleh siswa atau anak.

Jika belajar di sekolah sekedar materi, melalui perjalanan wisata sekolah, anak-anak dapat melihat, mendengar, dan merasakan hal-hal di sekitarnya secara langsung, sehingga anak-anak dapat melihat kebenaran dari materi yang mereka dapat di sekolah. Atas kegiatan wisata edukasi ini, anak-anak diharapkan lebih bisa mengembangkan minatnya sehingga dapat mendukung prestasinya di sekolah.

Contoh kegiatan wisata edukasi adalah:

  • Kunjungan ke museum
  • Kunjungan ke pabrik
  • Kunjungan ke perusahaan, dan lain sebagainya.

(5) Jenis Wisata Religi

Wisata religi ialah wisata dengan cara mengunjungi tempat-tempat khusus, seperti makam, tempat ibadah, tempat sejarah agama dan lain-lain. Tujuan wisata ini ialah untuk mendekatkan diri kepada Tuhan atau meningkatkan keimanan. Contoh wisata ini ialah:

  • mengunjungi Masjid Istiqlal di Jakarta bagi umat islam, atau
  • mengunjungi katedral bagi yang beragama Katolik atau Kristen

(6) Jenis Wisata Kuliner

wisata kuliner merupakan salah satu jenis wisata yang banyak di sukai. akan ada banyak Ada makanan untuk semua orang yang berwisata. terasa menyenangkan untuk dapat makan di tempat yang baru dan mencoba makanan atau minuman yang belum pernah dicoba sebelumnya. Contoh wisata kuliner ialah seperti mengunjungi kota Yogyakarta untuk menikmati sajian gudeg, yangko, bakpia, mie ayam, lotek, sate klatak, dan lain sebagainya.

(7) Jenis Wisata Belanja

Wisata belanja adalah kegiatan wisata yang bertujuan untuk membeli barang tertentu. Perjalanan wisata ini dapat dilakukan saat perjalanan lain sedang berlangsung. Banyak perjalanan belanja yang terjadi di area lokasi wisata seperti:

  • pasar
  • pasar seni
  • mall
  • kios
  • supermarket
  • toko suvenir dan lain sebagainya.

Hal terpenting dari perjalanan ini adalah menjaga apa yang kita miliki agar tidak mudah tertipu atau kecopetan.

(8) Jenis Wisata Pertanian

Wisata pertanian atau wisata Agrowisata ialah perjalanan wisata ke lokasi-lokasi pertanian. Lokasi tersebut seperti  tempat pembibitan, perkebunan, ladang dan lain-lain yang penuh akan sayuran atau buah-buahan. wisata ini biasanya dilakukan untuk sekedar jalan-jalan, menikmati udara segar, kehijauan, atau sambil belajar.

(9) Jenis Wisata Ziarah

Wisata ziarah ialah wisata dengan tujuan untuk pergi ke tempat-tempat suci, bersejarah atau berpengaruh. dalam kegiatan wisata ziarah banyak diantara wisatawan yang ingin mencari berkah, mencari petunjuk, bahkan ada yang meminta harta. contoh wisata ziarah ialah berwisata ke makam wali songo, ke candi borobudur, ke gereja katedral dan lain-lain.

(10) Jenis Wisata Sejarah

Wisata sejarah ialah kegiatan wisata dengan cara mengunjungi berbagai tempat dengan peninggalan budaya atau situs sejarah. Jika anda menyukai arkeologi, sejarah/masa lalu, silakan ikuti wisata sejarah ini.

Soal tuliskan jenis wisata menurut tujuan perjalanan dan berikan contohnya sekarang sudah bisa kalian jawab dengan lengkap. Semoga jenis pariwisata dan contohnya yang kami sajikan ini juga semakin memperkaya pengetahuan kalian semua. Silahkan kalian menikmati hari-hari libur dengan berwisata ke tempat-tempat yang telah kami sebutkan. Salam sehat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *