Jabatan OSIS dan Tugasnya di Sekolah Indonesia

Jabatan OSIS dan Tugasnya
Jabatan OSIS dan Tugasnya

Jabatan OSIS dan Tugasnya – Hallo sahabat terpelajar! Selamat datang di laman ayojawab.com. Kali ini bahasan kita tentang Organisasi siswa intra sekolah atau yang sering di sebut dengan OSIS.  Kami yakin banyak juga di antara kalian memerlukan info-info penting seputra OSIS yang akan kami bagikan di laman ayojawan.com ini.

Jabatan OSIS dan tugasnya di sekolah perlu kalian catat, terutama bagi yang bercita-cita menjadi pengurus OSIS di sekolah kalian masing-masing. Pada laman ini kami akan membahas semua hal tentang jabatan-jabatan yang ada di dalam struktur organisasi OSIS. Secara umum pastinya jabatan-jabatan di dalam OSIS ditujukan untuk melaksanakan dan mewujudkan visi misi organisasi.

Read More

Untuk lebih jelasnya silakan sahabat baca artikel ini sampai selesai. Kita mulai pembahasan kita dengan memahami apa sih tujuan dari organisasi OSIS itu dibentuk. Cek this out!

Tujuan Organisasi OSIS

OSIS merupakan sebuah organisasi berbasis kesiswaan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Lalu apa saja sih tugas OSIS? Dan apa saja tugas-tugas dari siswa yang mengemban jabatan di OSIS? Mari kita kulik bareng-bareng, ya!

Organisasi OSIS memiliki tujuan memberikan fasilitas atau memfasilitasi seluruh minat dan bakat siswa di sekolah, seperti mengekspresikan kreativitas, menyalurkan aspirasi dan lain sebagainya. Atau dikatakan pula:

“Organisasi OSIS adalah wadah atau tempat bagi siswa yang ingin memaksimalkan minat dan bakatnya”

Perlu kalian catat, bahwasanya organisasi OSIS akan memfasilitasi, menyalurkan, mengarahkan, dan mendukung setiap hal-hal positif yang ingin di kembangkan oleh siswa di sekolah tersebut. lalu apa perbedaan OSIS di SMP dengan OSIS di SMA?

Pebedaan OSIS SMP dengan OSIS SMA

Tentu ada perbedaan antara OSIS di SMP dengan OSIS di SMA. Lalu apa bedanya? Berikut kami jelaskan melalui tabel mengenai perbedaan keduanya.

Perbedaan OSIS SMP

OSIS SMA

Tanggung jawab

 

Karena usia dan kedewasaan siswa SMP masih proses pematangan, maka  60% tanggungjawab keorganisasiannya masih di pegang oleh guru Seiring usia siswa SMA yang lebih matang, sebagian besar (90% ) tanggungjawab keorganisasiannya sudah diserahkan ke siswa
Waktu Berorganisasi OSIS di SMP cenderung lebih sedikit waktu untuk berorganisasinya (rata-rata hanya 1 tahun) Kepengurusan OSIS di SMA bisa berjalan sampai 2 tahun.
Manfaat Berorganisasi

 

Ketika kamu gabung OSIS di SMP akan menjadi lebih dikenal, lebih bertanggung jawab, dan akan mendapat kepercayaan lebih dari guru Sedangkan di SMA kamu akan menjadi lebih dewasa, berpikir kritis, dan bisa menentukan pilihan serta belajar menyelesaikan suatu permasalahan.

Lalu apa saja jabatan atau pengurus yang ada di dalam OSIS?

Jabatan/Kepengurusan OSIS 

Jabatan yang ada di dalam OSIS pada umumnya ada 8. Berikut rincian struktur dalam organisasi OSIS:

  1. Pembina OSIS
  2. Ketua OSIS
  3. Wakil Ketua OSIS
  4. Sekretaris OSIS
  5. Wakil Sekretaris OSIS
  6. Bendahara OSIS
  7. Wakil Bendahara OSIS
  8. Ketua Seksi Bidang OSIS

Kedelapan pengurus OSIS tersebut memiliki tugasnya masing-masing, namun memiliki tujuan yang sama. Berikut ini adalah tugas dari seluruh pengurus inti organisasi OSIS tersebut.

Contoh Struktur Jabatan OSIS dan Tugasnya
Contoh Struktur Jabatan OSIS dan Tugasnya

Jabatan OSIS dan Tugasnya

Jabatan OSIS dan tugasnya pada sekolah-sekolah di Indonesia secara garis besar memiliki kesamaan. Jika pun ada perbedaan, hal itu tidak signifikan. Silahkan kalian cermati beberapa jabatan OSIS dan tugasnya, sehingga kalian memiliki gambaran yang utuh. Serta tidak ragu lagi untuk terlibat dalam pemilihan pengurus OSIS di sekolah kalian.

(1) Pembina OSIS

Jabatan OSIS dan tugasnya sebagai pembina ini merupakan bagian tanggungjawab guru. jadi bukan domain tugas kalian sebagai murid. 

Tugas pembina OSIS ialah memberikan arahan kepada pengurus OSIS, seperi:

  • pembuatan AD/ART
  • pembuatan program kegiatan, dan
  • melakukan pengawasan kegiatan.

Selain itu tugas pembina OSIS lebih bersifat membina, mengembangkan, mengelola, dan mengevaluasi kegiatan yang dilakukan oleh para pengurus OSIS.

(2) Ketua OSIS

Jabatan OSIS dan tugasnya sebagai ketua ini dipegang oleh pimpinan. Umumnya yang baru saja memenangkan pemilihan Caketos (calon ketua OSIS). 

Tugas ketua OSIS adalah memimpin, mengkoordinasi, menetapkan kebijakan, mengambil keputusan, dan mengevaluasi semua kegiatan yang dilakukan oleh rekan-rekan pengurus OSIS.

(3) Wakil Ketua OSIS

Jabatan OSIS dan tugasnya sebagai wakil ketua adalah turut serta dan membersamai ketua OSIS dalam memimpin, mengkoordinasi, menetapkan kebijakan serta mengevaluasi kegiatan OSIS.

Selain itu tugas wakil ketua OSIS adalah memberi masukan kepada ketua, membantu, menjalankan tugas ketua, dan bertanggung jawab menggantikan peran ketua saat ketua berhalangan.

(4) Sekretaris OSIS

Jabatan OSIS dan tugasnya sebagai sekretaris OSIS adalah mengarsipkan, menyimpan arsip, membuat laporan, dan menjadi notulen pada setiap kegiatan organisasi OSIS. Selain itu sekretaris OSIS juga memiliki tugas memberi masukan kepada ketua saat mengambil keputusan.

(5) Wakil Sekretaris OSIS

Wakil sekretaris OSIS memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membantu sekretaris OSIS dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu bertugas menggantikan peran sekretaris apa bila sedang berhalangan.

(6) Bendahara OSIS

Jabatan OSIS yang bertugas sebagai bendahara adalah menerima, menyimpan, menyalurkan, dan melaporkan semua bentuk biaya-biaya yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan OSIS.

(7) Wakil Bendahara OSIS

Wakil bendahara OSIS memiliki tugas membantu dan membersamai bendahara dalam melakukan semua tugas-tugasnya. Tugas lain wakil bendahara ialah melakukan pengawasan dan membackup semua catatan keuangan atau biaya kegiatan OSIS.

(8)Ketua Seksi Bidang OSIS

Jabatan OSIS dan tugasnya para ketua seksi bidang OSIS adalah menjalankan semua kegiatan OSIS yang sudah diprogramkan. Serta memimpin dan mengarahkan seksi-seksi bidang dalam menjalankan tugasnya. Lalu meneruskan hasil kegiatannya ke ketua.

Nah, itu lah jabatan-jabatan dalam struktur OSIS dan uraian tugas-tugasnya. Jika di antara kalian tidak tertarik menjadi pengurus OSIS, maka dapat melakukan fungsi mengawasi, mengevaluasi kinerja pengurus OSIS di sekolah kalian.

Jabatan OSIS dan tugasnya dari anggota-anggota OSIS telah kami sajikan. Untuk lebih memahami peran, tugas, dan tanggung jawab dari organisasi OSIS silahkan sahabat bisa membaca artikel lain seperti: tugas dan fungsi OSIS, tugas dan tanggung jawab ketua OSIS atau pun artikel yang lain yang serupa. Semoga artikel ini bermanfaat ,dan sampai jumpa di artikel kami yang lain! Salam!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *