Format Kisi Kisi Penulisan Soal PAS Kelas 4 SD

Format kisi kisi penulisan soal PAS kelas 4 SD
Format kisi kisi penulisan soal PAS kelas 4 SD

AyoJawab.com Format kisi kisi penulisan soal PAS kelas 4 SD merupakan sebuah pedoman atau acuan dasar seorang guru dalam membuat soal-soal penilaian akhir semester bagi siswa kelas 4 SD.

Format kisi kisi penulisan soal PAS kelas 4 SD yang akan kami sajikan berikut ini merupakan format penulisan soal Bahasa Indonesia bagi siswa kelas 4 SD khususnya semester 1 (satu). Anda dapat langsung menggunakan format penulisan soal ini sebagai acuan dalam pembuatan soal PAS.

Read More

Namun, kami menyadari bahwa saat ini perangkat gadget atau smartphone jauh lebih sering digunakan dari pada perangkat sejenisnya seperti laptop atau komputer. Sehingga dalam menyajikan format kisi kisi penulisan soal PAS kelas 4 SD ini kami akan memberikan sebuah kemudahan untuk Anda.

Format kisi-kisi yang kami sajikan menggunakan sebuah tabel yang melebar ke samping sepanjang 9 kolom. Oleh karena itu anda pasti akan kesulitan jika mengamatinya melalui layar utama ini.

Format kisi kisi penulisan soal PAS kelas 4 SD
Format kisi kisi penulisan soal PAS kelas 4 SD

Nah, untuk memudahkan anda mengamati format kisi-kisi yang kami sampaikan, kami telah menyediakan sebuah link download untuk anda. Link tersebut berisi file pembuatan kisi-kisi penulisan soal PAS.

Setelah anda mendownload file format kisi kisi tersebut, anda dapat langsung membuka dan mengamati bagaimana cara pembuatannya. Namun, sebelum anda mendowload file tersebut perhatikanlah baik-baik beberapa komponen dan syarat penting dalam pembuatan format kisi kisi berikut ini.

Komponen Kisi Kisi

Format kisi-kisi pembuatan atau penulisan soal PAS tidak lepas dari beberapa komponen penting yang wajib ada di dalamnya. Komponen tersebut di bagi menjadi 2. Kedua komponen tersebut ialah komponen kelompok identitas, dan komponen kelompok matriks.

A. Komponen Kelompok Identitas Berisikan:

  1. Jenis kisi kisi
  2. Tahun ajaran
  3. Nama institusi
  4. Mata pelajaran
  5. Kurikulum yang diacu/dipergunakan
  6. Kelas yang tuju
  7. waktu pengerjaan
  8. Jumlah soal
  9. Keterangan Bentuk dan jumlah soal

B. Komponen Kelompok Matriks Berisikan: 

  1. Standar Kompetensi
  2. Kompetensi Dasar
  3. Materi yang akan diberikan/dijadikan soal
  4. Indikator
  5. Nomor urut soal
  6. Keterangan bentuk soal

Syarat Format Kisi Kisi

Dalam pembuatan format kisi-kisi, fomat tersebut harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Kisi kisi yang dibuat harus mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
  • Komponen-komponen dalam format kisi kisi harus rinci, jelas, dan mudah dipahami.
  • Indikator soal pada format kisi kisi harus jelas dan dapat dibuat sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan

Format Kisi Kisi Penulisan Soal PAS Kelas 4 SD

Format kisi kisi penulisan soal PAS yang merupakan acuan bagi semua guru, dalam pembuatannya pada umumnya menggunakan tabel supaya lebih rapi mudah dipahami. Adapun langkah-langkah dasar pembuatan format kisi kisi pembuatan atau penulisan soal tersebut ialah sebagai berikut:

(1) Menentukan Standar Kompetensi

Standar kompetensi ialah deskripsi dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai siswa setelah mempelajari mata pelajaran tertentu.

(2) Menentukan Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar disini maksudnya adalah kemampuan minimal yang harus dikuasai oleh siswa setelah mempelajari mata pelajaran tertentu. Penentuan kompetensi dasar disesuaikan dengan standar kompetensi dan diambil dari kurikulum yang berlaku.

(3) Pemilihan Materi

Materi dalam hal ini ialah bahan ajar yang harus dikuasai siswa berdasarkan kompetensi yang akan diukur. Penentuan materi atau bahan ajar yang akan diambil, disesuaikan dengan indikator yang akan disusun.

(4) Merumuskan Indikator

Indikator tersebut berisi ciri-ciri perilaku yang dapat diukur sebagai petunjuk untuk membuat soal. Perumusan indikator harus mengacu pada KD dengan memperhatikan materi dan level kognitif.

(5) Penentuan Bentuk Soal

Penentuan bentuk kisi-kisi penulisan soal harus disesuaikan atau disusun berdasarkan indikator yang telah dibuat.

Jika anda masih belum paham bagaimana cara dasar pembuatan format kisi kisi penulisan soal pas tersebut, anda dapat mendownload contohnya pada link yang telah kami sediakan berikut ini:

UNDUH DISINI

Jika mengacu pada seluruh komponen kisi-kisi yang telah kami sampaikan di atas, maka dalam pembuatan format kisi-kisi tersebut anda harus menentukan dan menuliskan terlebih dahulu semua unsur komponen kelompok identitasnya.

Lalu, setelah semua unsur komponen kelompok identitas sudah dibuat, langkah selanjutnya ialah menentukan dan menuliskan semua unsur komponen kelompok matriksnya yang berisi standar kompetensi, kompetensi dasar, materi, indikator, nomor urut soal, dan keterangan bentuk soal menggunakan sebuah tabel.

Jika semua unsur komponen sudah anda buat dan terpenuhi ( komponen kelompok identitas dan komponen kelompok matriks) maka format kisi kisi tersebut telah selesai anda buat.

Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat contoh format kisi-kisi tersebut melalui link download yang telah kami siapkan di bawah ini:

UNDUH DISINI

Itulah format kisi kisi penulisan soal PAS kelas 4 SD yang dapat kami sampaikan. Besar harapan kami semoga artikel yang kami sampaikan ini dapat memudahkan anda dalam menyusun dan membuat kisi kisi penulisan soal PAS.

Setelah membaca format kisi kisi penulisan soal PAS kelas 4 SD yang telah kami sampaikan, bacalah artikel format kisi kisi soal kurikulum merdeka untuk menambah wawasan anda dalam pembuatan format kisi kisi. Terima kasih telah berkunjung di laman kami dan sampai jumpa di artikel kami lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *