Contoh Soal Penalaran Matematika dan Pembahasannya UTBK

contoh soal penalaran matematika dan pembahasannya
contoh soal penalaran matematika dan pembahasannya

AyoJawab.com – Contoh Soal Penalaran Matematika dan Pembahasannya yang kami sajikan silahkan dimanfaatkan sebagai persiapan diri kalian untuk mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur UTBK SBMPTN 2023 dengan skema soal tes yang baru tentunya!

Contoh soal penalaran matematika dan pembahasannya ini kami sajikan sebagai respon terhadap apa yang telah disampaikan oleh Mendikbud Nadiem Makarim, yaitu mengenai perubahan skema soal yang digunakan dalam seleksi masuk PTN mulai tahun 2023. Sosialisasi mengenai perubahan tipe soal tes sudah disosialisasikan Mas Menteri pada 7 September 2023 yang lalu.

Read More

Salah satu poin penting yang beliau sampaikan adalah pengurangan mata ujian dalam SBMPTN 2023, yaitu tidak ada lagi soal dengan materi Tes Kemampuan Akademik (TKA). Sehingga kalian akan lebih ringan dalam persiapan. Maka mulai saat ini bisa langsung fokus mempelajari soal-soal Tes Potensi Skolastik (TPS). Salah satunya adalah dengan mempelajari contoh soal penalaran matematika dan pembahasannya yang ami sajikan.

Materi Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK 2023

Materi tes potensi skolastik (TPS) UBTK 2023 terdiri dari 4 (empat) mata uji seperti yang disampaikan oleh oleh Mendikbud Nadiem Makarim, yaitu:

  1. Penalaran kognitif
  2. Penalaran matematika
  3. Literasi dalam bahasa Indonesia
  4. Literasi dalam bahasa Inggris

Semua butir soal tersebut akan berada dalam satu paket soal tes potensi skolastik pada pelaksanaan UTBK SBMPTN 2023. Adapun contoh soal penalaran matematika dan pembahasannya yang akan kami sajikan di laman ayojawab.com ini sementara lebih fokus pada contoh soal tes penalaran matematika.

Untuk contoh soal TPS penalaran pedagogik, literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris akan kami bahas pada laman terpisah. Sekarang kita ulas terlebih dahulu apa itu soal penalaran matematika.

Apa itu Penalaran Matematika?

Bagi kalian kelas 12 SMA di tahun ini mungkin belum familiar dengan pengertian atau pun tipe-tipe soal penalaran matematika. Tapi sebenarnya konsep-konsep dasar dari penalaran matematika sudah banyak kalian dapatkan melalui proses pembelajaran matematika yang dilaksanakan di kelas.

Penalaran matematika sebenarnya mencakup kemampuan untuk berpikir secara logis dan sistematis, yang mana hal tersebut termasuk ke dalam ranah kognitif matematik yang paling tinggi.

Sehingga soal penalaran matematis dalam TPS UTBK 2023 memang difokuskan untuk menjaring calon mahasiswa dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi atau high order thinking skills.

Sekarang mari kita lihat, apa saja ciri-ciri atau indikator seseorang yang memiliki penalaran matematis yang baik. Dijelaskan oleh Sumarmo (2002), bahwa di antara indikator-indikator  kemampuan penalaran matematika tersebut adalah sebagai berikut:

  • mampu membuat analogi dan generalisasi
  • mampu memberikan penjelasan dengan menggunakan model matematika
  • mampu menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis situasi
    matematika
  • mampu menyusun dan menguji konjektur
  • Memeriksa validitas argumen
  • Menyusun pembuktian langsung
  • Menyusun pembuktian tidak langsung
  • Memberikan contoh penyangkal
  • Mengikuti aturan enferensi

Contoh soal penalaran matematika dan pembahasannya yang akan kami uraikan sebentar lagi dapat digunakan sebagai parameter untuk keberhasilan rekan-rekan dalam mencapai indikator-indikator penalaran matematika di atas. Semoga saja sudah banyak indikator yang dapat dicapai oleh rekan-rekan calon peserta UTBK SBMPTN 2023 yang mampir ke laman ini.

Tipe Soal Penalaran Matematika UTBK 2023

Tipe soal penalaran matematika untuk UTBK 2023 seperti disosialisasikan oleh Mas Menteri akan berupa soal literasi matematis. Silahkan kalian buka kembali pada laman youtube resmi milik Kemendikbud.

Dari yang disosialisasikan oleh Mendikbud, tampak sekali soal penalaran matematika berupa soal literasi, dimana disajikan sebuah artikel pendek yang dilengkapi dengan tabel-tabel pendukung. Kemudian pertanyaan yang diberikan berkaitan dengan isi artikel dan isi tabel tersebut.

Tentunya untuk dapat menjawab tiap soal yang disajikan sangat dibutuhkan kemampuan penalaran matematika yang baik. Berikut ini kami sajikan tips untuk mengerjakan soal-soal penalaran matematika.

Tips Mengerjakan Soal Penalaran Matematika

Tips mengerjakan soal penalaran matematika berikut ini bisa kalian terapkan. Namun yang lebih penting dari tips-tips mengerjakan soal adalah sering berlatih. Karena untuk menguasai suatu materi tidak cukup hanya menggunakan tips dan trik. Serta tidak semua persoalan dapat diselesaikan dengan metode tips dan trik.

Berikut tips mengerjakan soal penalaran matematika yang bisa dapat kalian coba:

(1) pahami wacana secara menyeluruh terutama pada tabel atau diagram yang disajikan

(2) pahami soal dan segera merujuk pada tabel atau diagram yang disajikan agar cepat mengetahui data-data yang dibutuhkan untuk menyelesaikan perhitungan

(3) buat kesimpulan yang logis dan bersumber dari data yang disajikan dalam wacana, dan hindari opini dari diri sendiri

(4) pahami maksud dari kata-kata: “semua” , “seluruhnya”, “sebagian” , “beberapa”, yang terdapat dalam teks maupun kalimat pertanyaan.

(5) pilih jawaban yang maknanya sama atau paling mendekati kesamaan dengan isi teks

(6) yang terakhir adalah pilih jawaban yang paling diyakini memiliki nilai kebenaran dari beberapa jawaban yang dipandang mirip atau semakna.

Sekarang mari kita perhatikan beberapa contoh soal penalaran matematika dan pembahasannya berikut ini. Dan silahkan kalian terapkan tips-tips yang kami berikan di atas!

Contoh Soal Penalaran Matematika dan Pembahasannya

Contoh soal penalaran matematika dan pembahasannya ini kami sajikan secara singkat namun sudah memenuhi indikator penalaran matematika. Silahkan contoh soal penalaran matematika dan pembahasannya berikut kalian jadikan sebagai referensi. Selamat belajar!

Petunjuk: 

Teks berikut ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1 sampai dengan nomor 7!

Dari kopi espresso di Italia sampai kopi tubruk di Indonesia, minuman kopi banyak digemari khalayak dunia. Bahkan, berdasarkan data Organisasi Pangan dan Agrikultur Dunia (FAO), semakin banyak orang di jagat ini yang menenggak minuman kopi. Kopi diproduksi di lebih dari 50 negara. Di antara negara-negara tersebut, Brasil merupakan produsen terbesar. Pada 2017-2018, negara tersebut memproduksi lebih dari 51 juta karung berisi biji kopi. Berikut data 10 besar negara produsen kopi di dunia.

contoh soal penalaran matematika dan pembahasannya
Contoh soal penalaran matematika dan pembahasannya Tabel 1

Berdasarkan Fairtrade Foundation, lebih dari 125 juta orang di seluruh dunia menggantungkan hidup mereka pada kopi. Bahkan, sekitar 25 juta pertanian kecil memproduksi sekitar 80% dari produksi kopi sedunia. Kopi yang dijual secara adil atau Fairtrade memungkinkan konsumen bisa melacak biji kopi yang mereka beli. Adapun para petani kopi dijamin mendapat harga dengan rentang yang memiliki batas bawah. Para petani yang tergabung dalam Fairtrade memproduksi sekitar 560.900 ton kopi setahun cukup untuk membuat espresso sebanyak 72,5 juta cangkir.

Jika menyangkut konsumsi kopi, hanya dua negara yang penduduknya menyeruput lebih dari 10 kilogram per orang per tahun, yaitu Finlandia dan Swedia. Berdasarkan data Organisasi Kopi Internasional, orang-orang Finlandia minum kopi 12,5 kilogram setiap tahun. Selain Finlandia dan Swedia, tiga negara berikutnya adalah Islandia, Norwegia, dan Denmark. Semuanya adalah negara Skandinavia. Mungkin mereka perlu minum kopi untuk bertahan menghadapi hari-hari yang dingin.

contoh soal penalaran matematika dan pembahasannya
Contoh soal penalaran matematika dan pembahasannya Tabel 2

Latihan soal nomor (1)
Berikut negara-negara yang menghasilkan kurang dari 10 juta karung berisi biji kopi, kecuali ….

(A) Honduras
(B) Indonesia
(C) Peru
(D) Mexico
(E) India

Jawaban: B
Pembahasan sudah jelas/jawaban terdapat dalam teks bacaan.

Latihan soal nomor (2)
Di antara 10 negara penghasil kopi terbanyak di dunia, yang memproduksi kopi tidak lebih banyak dari Indonesia adalah ….

(A) Finlandia
(B) Swedia
(C) India
(D) Brazil
(E) Columbia

Jawaban: C
Dari data yang disajikan, Indonesia berada pada peringkat 4, sedangkan India peringkat 7.

Latihan soal nomor (3)
Salah satu faktor yang disebutkan dalam bacaan yang menyebabkan orang-orang di kawasan Skandinavia mengkonsumsi kopi adalah ….

(A) Cita rasa kopi yang nikmat

(B) Kondisi cuaca di daerah tersebut yang dingin

(C) Nikotin dalam kopi menenangkan

(D) Nikotin dalam kopi dapat menjaga mata tetap terjaga

(E) Daerah Skandinavia merupakan penghasil kopi yang berlimpah

Jawaban B
Jelas disebutkan dalam teks “Mungkin mereka perlu minum kopi untuk bertahan menghadapi hari-hari yang dingin”

Latihan soal nomor (4)
Berikut pernyataan yang benar tentang konsumsi kopi per kapita di dunia ….

(A) Konsumsi kopi di Finlandia lebih dari dua kali konsumsi kopi di US

(B) Austria mengkonsumsi kopi tidak lebih sedikit daripada Switzerland

(C) Konsumsi kopi Swedia tidak lebih dari 10 kilogram per orang.

(D) Jika konsumsi kopi negara Jerman dan Bosnia-Herxegovina digabungkan maka jumlahnya tetap lebih lebih sedikit daripada konsumsi kopi di negara Norwegia.

(E) Indonesia masuk ke dalam 10 besar konsumen kopi terbesar di dunia.

Jawaban: A
Pembahasan cukup jelas/ jawaban tersedia di teks, silahkan Anda analisis isi teks

Latihan soal nomor (5)
Salah satu kopi yang bernama espresso sangat identik dengan negara ….

(A) Honduras
(B) Italia
(C) Spanyol
(D) Brazil
(E) Indonesia

Jawaban: B
Pembahasan cukup jelas/jawaban tersedia dalam teks.

Latihan soal nomor (6)
Sebanyak 100 ton kopi yang diproduksi oleh petani yang tergabung dalam fairtrade cukup untuk membuat espresso sekitar … cangkir .

(A) 7,8 juta
(B) 10 juta
(C) 11,4 juta
(D) 12,9 juta
(E) 13,0 juta

Jawaban: D
Pembasan:
100/560.900 x 72,5 = 12,9

Latihan soal nomor (7)
Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan isi teks adalah ….

(A) Produksi kopi Brazil lebih dari produksi lima negara penghasil kopi terbesar di dunia yang terendah

(B) Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia tetapi tidak untuk penikmat kopi

(C) Kopi dapat membantu menghangatkan tubuh di saat cuaca dingin

(D) Negara-negara Skandinavia menjadi salah satu yang terbesar dalam mengkonsumsi kopi mesipun di negara mereka bukan produsen kopi

(E) Penjualan kopi secara fairtrade mempersulit konsumen dalam memahami citarasa kopi yang mereka inginkan

Jawaban: E
Sudah jelas disebutkan dalam teks.

Contoh soal penalaran matematika dan pembahasannya masih kami lanjutkan uraiannya pada laman yang terpisah. Semoga beberapa contoh soal penalaran matematika dan pembahasannya di atas cukup memberikan gambaran mengenai soal TPS pada seleksi UTBK SBMPTN 2023 pada nantinya. Sekian, selamat belajar dan semoga Anda sukses menembus PTN pada 2023!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *