Contoh Kegiatan Pendidikan Karakter di Rumah

Contoh Kegiatan Pendidikan Karakter di Rumah
Contoh Kegiatan Pendidikan Karakter di Rumah

Contoh Kegiatan Pendidikan Karakter di Rumah – Halo Sobat Pendidik! Selamat datang di laman ayojawab.com! Seperti yang kita ketahui bersama, bahwasanya dalam menghadapi era industri 4.0 kita dihadapkan pada percepatan perubahan teknologi yang begitu pesat. Ternyata hal ini juga dapat berpengaruh besar terhadap perkembangan karakter putra-putri kita.

Contoh kegiatan pendidikan karakter di rumah yang akan kami share di laman ayojawab.com ini adalah salah satu ikhtiar agar proses pendidikan karakter di rumah bisa dijalankan dengan maksimal. Sekaligus sebagai benteng terhadap dampak negatif dari perkembangan informasi digital yang belum sepenuhnya dapat dikontrol oleh putra-putri kita.

Read More

Pentingnya Nilai Karakter di Era Teknologi 4.0

Perkembangan teknologi yang begitu pesat menjadikan semua hal seperti informasi, berita, ekonomi, dan lain-lain lebih cepat diterima tanpa diimbangi proses penyaringan informasi yang sempurna. Dewasa ini segala informasi bisa bebas diakses, kegiatan ekonomi jadi semakin kompleks, dan sarana transportasi semakin mudah dijangkau. Tentunya banyak hal positif yang dapat diambil dari berkembangnya industri teknologi ini.

Namun banyak pula hal negatif yang dapat mempengaruhi nilai karakter dari putra-putri kita. Di sini lah pentingnya orang tua atau pun para insan pendidik untuk terus menanamkan nilai-nilai  pendidikan karakter saat di rumah.

Contoh kegiatan pendidikan karakter di rumah sangatlah sederhana. Seperti menghormati orang tua dan dapat menunjukkan sopan santun yang dipandangnya sebagai sikap yang wajib dilakukan.

Namun perkembangan informasi yang liar, sering melunturkan nilai-nilai moral. Oleh karenanya jika kita tidak ingin generasi penerus kita menjadi generasi yang miskin moral, maka pendidikan karakter sejak dini harus terus ditanamkan dan diajarkan pada anak-anak kita.

Penguatan pendidikan karakter sebenarnya dapat di lakukan di lingkungan mana saja. Pengembangan karakter dapat difasilitasi oleh pihak sekolah, masyarakat, maupun oleh para orang tua di rumah. Namun, memang pendidikan karakter di rumah merupakan hal yang paling mendasar.

Bagimana pun anak-anak jauh lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Serta peran orang tua pada umumnya jauh lebih berpengaruh pada psikologi anak. Lalu seperti apa saja sih contoh kegiatan pendidikan karakter yang dapat dilakukan dirumah?

Okey, sebelum kita uraikan mengenai contoh pendidikan karakter, Anda kami ajak untuk memahami beberapa hal mendasar mengenai ruang lingkup pendidikan karakter itu sendiri. Silahkan Anda simak!

Ruang Lingkup Pendidikan Karakter

Berbicara ruang lingkup pendidikan karakter, maka sedikitnya kita akan berbicara mengenai:

  1. Makna pendidikan karakter
  2. Tujuan pendidikan karakter
  3. Ruang lingkup pendidikan karakter

Pembahasannya akan kami sampaikan secara singkat dan padat supaya Anda lebih mudah dalam memahaminya.

Makna Pendidikan Karakter

Makna pendidikan karakter secara umum adalah suatu kegiatan atau tindakan mendidik seseorang ke arah kebaikan. Arah kebaikan yang dimaksud dapat mengacu pada nilai-nilai religius, nasionalisme, kemandirian, gotong-royong, integritas dan nilai-nilai baik lainnya.

Jika kita ikuti pendapat ahli, pendidikan karakter didefinisikan oleh Sami dan Hariyanto (2013):

“Pendidikan karakter adalah proses pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga serta rasa dan karsa”

Jadi singkatnya, pengertian pendidikan karakter adalah setiap tindakan atau pemberian tuntunan kepada anak-anak dalam rangka menjadikan mereka manusia yang memiliki karakter baik dan mulia.

Tujuan Pendidikan Karakter

Sasaran pendidikan karakter secara umum memang difokuskan pada generasi muda atau generasi penerus bangsa. Adapun tujuan dari pendidikan karakter bisa dibagi ke dalam 2 (dua) hal, yaitu tujuan khusus dan tujuan umum.

Berikut penjelasannya!

Tujuan Khusus Pendidikan Karakter

tujuan dari pendidikan karakter ialah menciptakan SDM/sumber daya manusia yang memiliki karakter mulia,bermoral, kompeten dan memiliki kecerdasan emosi yang baik.

Tujuan Umum Pendidikan Karakter

Tujuan dari pendidikan karakter ialah meningkatkan kualitas suatu proses dan hasil pendidikan supaya terbentuk bangsa yang tangguh, berakhlak, kompetitif, dan memiliki jiwa toleran terhadap suatu perbedaan

Ruang Lingkup Pendidikan Karakter

Ruang lingkup pendidikan karakter meliputi 4 (empat) hal. Ke empat hal tersebut ialah olah pikir, olah hati, olah rasa/karsa dan olah raga. Berikut penjelasan mengenai ke empat ruang lingkup pendidikan karakter tersebut.

Ruang lingkup pendidikan karakter Penjelasan
Olah pikir Maksudnya ialah anak di didik supaya memiliki karakter yang cerdas, kritis, kreatif, inovatif, ingin tahu, berfikir terbuka, produktif, berorientasi ipteks, dan reflektif
Olah hati Maksudnya ialah anak di didik supaya memiliki karakter yang jujur, beriman, bertaqwa, amanah, adil, tanggung jawab, berempati, berani mengambil resiko, pantang menyerah, rela berkorban, dan berjiwa patriotik
Olah rasa Maksudnya ialah anak di didik supaya memiliki karakter yang ramah, saling menghargai, toleran, peduli, suka menolong, gotong royong, nasionaslis, kosmopolit, mengutamakan kepentingan umum, bangga menggunakan bahasa dan produk indonesia, dinamis, pekerja keras, dan memiliki etos kerja yang baik.
Olar raga Maksudnya ialah anak di didik supaya memiliki karakter yang bersih, sehat, disiplin, sportif, tangguh, handal, berdaya tahan, bersahabat, kooperatif, determinatif, kompetitif, ceria dan gigih.

Itu dia mengenai ruang lingkup pendidikan karakter yang perlu untuk kita pahami bersama. Sekarang kita simak contoh-contoh kegiatan penerapan kegiatan pendidikan karakter di rumah, di masyarakat, maupun contoh pendidikan karakter di sekolah.

Contoh Kegiatan Pendidikan Karakter di Rumah

Contoh kegiatan pendidikan karakter di rumah sebenarnya sering kita temui dan kita lihat. Namun belum tentu kita menyadarinya bukan? Semoga, setelah kita menyadari dan mengetahui kegiatan apa saja yang termasuk dalam lingkup pendidikan karakter di rumah, kita dapat memaksimalkannya.

Contoh kegiatan pendidikan karakter di rumah
Ilustrasi contoh kegiatan pendidikan karakter dalam berbagai situasi

Contoh-contoh kegiatan pendidikan karakter secara umum dapat kita bedakan ke dalam 5 (lima) nilai dasar, yaitu:

  • nilai religius
  • nilai nasionalis
  • nilai mandiri
  • nilai gotong royong, dan;
  • nilai integritas.

Berikutnya mari kita kupas penerapan atau contoh kegiatan pendidikan karakter di rumah yang mengacu kepada masing-masing nilai tersebut.

(1) Contoh Kegiatan Pendidikan Karakter di Rumah Berdasarkan Nilai Religius

  • sholat berjamaah di rumah
  • mengaji Al-Quran di rumah
  • mengucapkan salam ketika masuk rumah
  • membaca doa ketika hendak tidur
  • membaca doa ketika hendak dan selesai makan

(2) Contoh Kegiatan Pendidikan Karakter di Rumah Berdasarkan Nilai Nasionalis

  • tidak membuang sampah sembarangan
  • peduli kebersihan rumah dan lingkungan rumah
  • mengingatkan saudara untuk tidak mengotori lingkungan rumah
  • mempelajari sejarah bangsa melalui media
  • sering menyanyikan atau mendengarkan lagu kebangsaan

(3) Contoh Kegiatan Pendidikan Karakter di Rumah Berdasarkan Nilai Mandiri

  • mandi dan mempersiapkan baju sendiri
  • mempersiapkan perlengkapan sekolah sendiri
  • mencuci piring sendiri setelah makan
  • merapihkan tempat tidur sendiri
  • merapihkan mainan sendiri setelah digunakan

(4) Contoh Kegiatan Pendidikan Karakter di Rumah Berdasarkan Nilai Gotong Royong

  • bersama-sama ibu menyapu atau mengepel rumah
  • bersama-sama ayah memperindah dan merawat taman
  • bersama-sama ibu membantu memasak
  • bersama-sama ayah mencuci mobil
  • bekerjasama memperbaiki fasilitas rumah yang rusak

(5) Contoh Kegiatan Pendidikan Karakter di Rumah Berdasarkan Nilai Integritas

  • selalu tepat waktu saat bangun tidur, pergi atau pulang ke rumah
  • jujur kepada Orang tua
  • peduli terhadap setiap anggota keluarga
  • bertanggung jawab atas semua kewajibannya di rumah
  • amanah jika dimintai tolong oleh orang tua

Demikian contoh-contoh kegiatan pendidikan karakter di rumah yang kami sajikan, selanjutnya kita simak contoh-contoh pendidikan karakter di lingkungan masyarakat.

Contoh Pendidikan Karakter di Lingkungan Masyarakat

Contoh pendidikan karakter di lingkungan masyarakat juga penting untuk kita ketahui bersama. Setiap anggota masyarakat setidaknya terwarnai oleh pemahaman mengenai pendidikan karakter. Sehingga bisa bersama-sama mengembangkan pendidikan karakter di lingkungan masyarakat.

Begitu juga dengan putra-putri kita yang kelak setelah dewasa akan menjadi bagian dari masyarakat yang lebih heterogen dari sisi latar belakang sosialnya. Mereka akan menjadi mahluk sosial yang akan selalu membaur dan terlibat dengan masyarakat sehingga perlu sedini mungkin kita berikan penjelasan mengenai contoh-contoh pendidikan karakter di lingkungan masyarakat.

(1) Contoh pendidikan karakter di lingkungan masyarakat berdasarkan nilai religius

  • melakukan sholat berjamaah dan mengikuti kegiatan keagamaan di masjid desa
  • mengucapkan salam saat hendak masuk rumah orang lain

(2) Contoh pendidikan karakter di lingkungan masyarakat berdasarkan nilai nasionalis

  • menjaga lingkungan masyarakat dengan ikut ronda atau sebagainya
  • mengikuti organisasi guna memajukan desa

(3) Contoh pendidikan karakter di lingkungan masyarakat berdasarkan nilai mandiri

  • menjaga kebersihan lingkungan rumah sendiri sebagai bagian dari masyarakat
  • membantu membersihkan lingkungan walau tidak diminta

(4) Contoh pendidikan karakter di lingkungan masyarakat berdasarkan nilai gotong royong

  • bersama-sama masyarakat bekerja bakti membersihkan lingkungan
  • bersama-sama masyarakat melakukan perbaikan masjid

(5) Contoh pendidikan karakter di lingkungan masyarakat berdasarkan nilai integritas

  • peduli jika ada tetangga yang sakit dengan menjenguknya atau membantunya
  • berani mengambil sikap jika ada sesuatu yang mengancam ketentraman masyarakat

Contoh Kegiatan Pendidikan Karakter di Sekolah

Contoh-contoh kegiatan pendidikan karakter di sekolah menjadi hal yang wajib oleh diketahui oleh para pendidik. Sehingga dengan begitu akan memiliki banyak alternatif kegiatan yang bisa dilaksanakan dalam rangka penguatan karakter para peserta didik.

Berikut contoh penguatan pendidikan karakter yang bisa diterapkan oleh bapak/ibu guru di sekolah.

(1) Contoh pendidikan penguatan karakter berdasarkan nilai religius

  • patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya baik itu Sikap dan perilakunya
  • toleransi terhadap pemeluk dan pelaksanaan ibadah agama orang lain

(2) Contoh pendidikan penguatan karakter berdasarkan nilai nasionalis

  • menghafal pancasila, sejarah para pahlawan, dan hari-hari besar nasional
  • aktif mengikuti kegiatan ekstra kurikuler yang bernuansa Nasionalis seperti Pramuka/PMR

(3) Contoh pendidikan penguatan karakter berdasarkan nilai mandiri

  • senantiasa terbiasa mengerjakan tugas secara mandiri, baik itu PR, ujian, tugas sekolah, dan lain-lain

(4) Contoh pendidikan penguatan karakter berdasarkan nilai gotong royong

  • bersama-sama teman sekolah membersihkan lingkungan kelas
  • bersama-sama teman sekolah menjaga kebersihan lingkungan sekolah

(5) Contoh pendidikan penguatan karakter berdasarkan nilai integritas

  • berangkat sekolah selalu tepat waktu
  • jujur, disiplin, dan rajin saat mengikuti kegiatan sekolah

Contoh kegiatan pendidikan karakter di rumah yang telah kami sajikan dapat Anda implementasikan sebagai upaya penguatan karakter sang buah hati tercinta. Sehingga terakhir karakter keluarga yang lebih baik dan mulia. Selain itu, Anda yang sehari-hari sebagai pendidik, dapat langsung menerapkan contoh-contoh kegiatan pendidikan karakter di sekolah dan contoh kegiatan pendidikan karakter di lingkungan masyarakat yang telah kami uraikan di atas. Akhir kata terimakasih atas kunjungan Anda di laman kami, dan semoga artikel kami ini bermanfaat untuk Anda. Sekian, salam sukses untuk Anda!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment