Memaknai Apa Itu Pendidikan Karakter dan Contohnya!

Apa itu pendidikan karakter dan contohnya?
Apa itu pendidikan karakter dan contohnya?

Apa itu pendidikan karakter dan contohnya? – Halo Sahabat Guru! Selamat datang di laman ayojawab.com. Di era yang digital yang semakin maju ini, anak-anak kita sering kali dapat mengakses informasi, berita, atau tayangan-tayangan yang kurang baik atau kurang mendidik. Sehingga hal itu menjadi suatu kekhawatiran tersendiri bagi kita selaku orang tua yang peduli akan masa depan mereka. Jangan sampai anak kita salah pergaulan, dan salah mendapatkan informasi, yang mana dapat mengancam karakter sopan santun dan berbudi luhur  yang menjadi warisan khas orang-orang Indonesia.

Apa itu pendidikan karakter dan contohnya? Insya Allah akan kita uraikan sebentar lagi. Tetap sudahkah sahabat guru memahami hal tersebut? Jika sahabat guru belum begitu memahami hal tersebut, maka tepat sekali Anda berada pada laman ini.

Read More

Pada prinsipnya, pembahasan kami kali ini ingin meyakinkan para pembaca budiman.  Percayalah bahwa pendidikan karakter sejak dini sangatlah penting dalam pembentukan kualitas seorang manusia di usia dewasa nya kelak.

Sekarang mari kita mulai dahulu dengan memaknai pendidikan, dan memaknai pengertian karakter itu sendiri.

Cek this out!

Memaknai Kata Pendidikan

Ada beberapa pengertian dari kata pendidikan menurut para ahli. Pengertian Pendidikan menurut Niccolo Machiavelli seperti yang dikutip oleh (Koesoema, K.,2010:52) adalah proses penyempurnaan diri manusia secara terus menerus, dari kekurangan dan ketidaksempurnaannya

Kalau menurut John Dewey pendidikan adalah rekonstruksi atau reorganisasi pengalaman yang berdampak pada penambahan makna pengalaman, dan kemampuan untuk mengarahkan pengalaman selanjutnya.

Sedangkan menurut Dwi Siswoyo dkk (2007:19), ia mengartikan pendidikan dalam arti teknis adalah proses dimana masyarakat, melalui lembaga-lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi atau melalui lembaga-lembaga lain), dengan sengaja mentransformasikan warisan budayanya, yaitu pengetahuan, nilai -nilai dan keterampilan-keterampilan, dari generasi ke generasi berikutnya.

Jika kita simpulkan, pada dasarnya pendidikan adalah:

“Usaha yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan terencana (bertahap) dalam meningkatkan potensi diri peserta didik dalam segala aspeknya menuju terbentuknya kepribadian dan akhlak mulia dengan menggunakan media dan metode pembelajaran yang tepat guna melaksanakan tugas hidupnya sehingga dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya”

Memaknai Karakter

Menurut Suyanto dalam (Noeng Muhadjir dan Burhan Nurgiantoro, 2011:27), karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa, dan Negara. Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap bertanggungjawab akibat dari keputusan yang dibuatnya.

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa karakter adalah sebuah penilaian terhadap perilaku seseorang tentang apa yang kelihatan baik dari sisi lingkungan, gaya hidup atau gaya bahasa yang dapat menjadi kesimpulan dari penilaian seseorang. Secara singkat karakter tersusun atas ciri-ciri yang tampak dari seseorang dalam melakukan hal-hal yang benar atau tidak.

Secara umum karakter dapat kita maknai sebagai:

“Ciri khas seseorang atau individu, perilaku seseorang dalam lingkungan, bisa juga dikatakan sebagai gaya hidup seseorang baik itu dalam keluarga dan lingkungan, atau dapat diartikan sebagai penilaian terhadap baiknya seseorang”

Sekarang mari kita uraikan apa itu pendidikan karakter dan contohnya?

Apa Itu Pendidikan Karakter dan Contohnya?

Apa itu pendidikan karakter dan contohnya? Apa itu pendidikan karakter di sekolah dan apa tujuan pendidikan karakter itu harus di lakukan? Pertanyaan-pertanyaan ini tentunya perlu kita jawab bersama.

Hal ini akan kami uraikan pada bahasan di bawah ini. Baca dan pahami dengan baik supaya Anda dapat membagikan kembali informasinya ke pihak lain yang membutuhkan.

apa itu pendidikan karakter dan contohnya
Pendidikan Karakter

Apa itu pendidikan karakter dan contohnya di lingkungan sekolah? Pendidikan karakter di sekolah adalah gerakan nasional yang mendorong sekolah untuk menanamkan etika bertanggung jawab dan membimbing anak/remaja dengan mengajarkan karakter, dan moral yang baik  sesuai nilai-nilai yang universal. Pendidikan karakter didasarkan pada tujuan pengajaran dan landasan perilaku moral anak.

Apa itu pendidikan karakter menurut bahasa?  Menurut Depdiknas (2010):

“Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia yang berkualitas akhlaknya”

Sekolah memiliki komitmen sadar dan aktif untuk mengajarkan nilai-nilai moral dasar seperti kasih sayang, kejujuran, integritas, tanggung jawab, dan penghargaan terhadap diri sendiri dan orang lain. Pendidikan karakter bukanlah mesin pencetak cepat, tetapi solusi jangka panjang untuk masalah moral, etika, dan akademik yang perlu dikembangkan oleh masyarakat kita.

Contoh pendidikan karakter sudah kami sampaikan dalam kesempatan yang lalu. Silahkan Anda berkunjung ke laman contoh kegiatan pendidikan karakter di rumah.

Pentingnya Pendidikan Karakter Di Sekolah

Pendidikan karakter sangat penting di terapkan di zaman ini. Masalah seperti perilaku yang kurang etis pada siswa, memerlukan perhatian khusus dari dunia pendidikan untuk mengatasi hal tersebut. Saat ini pendidikan karakter telah menjadi prioritas reformasi pendidikan.

Nilai moral anak-anak merupakan hal penting bagi orang tua. Oleh karena itu, sekolah harus mengembangkan program pendidikan karakter dalam kemitraan dengan orang tua dan masyarakat. Perlu kita ketahui bersama, pendidikan karakter harus berfokus pada nilai-nilai etika dan nilai-nilai moral yang ada di masyarakat kita.

Tujuan Pendidikan Karakter Di Sekolah

Tujuan pendidikan karakter di sekolah di antaranya adalah sebagai berikut:

(1) Mengembangkan potensi emosional siswa sebagai manusia, sebagai warga negara yang memiliki nilai budaya dan karakter bangsa.

(2) Mengembangkan karakter dan perilaku siswa yang dikagumi dan sesuai dengan nilai-nilai universal serta tradisi budaya berkarakter nasional.

(3) Menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab siswa sebagai generasi selanjutnya

(4) Mengembangkan kemampuan siswa supaya mandiri, kreatif, dan berperspektif nasional.

(5) Memperbaiki lingkungan hidup sekolah supaya siswa dapat belajar dengan aman, jujur, kreatif, ramah, serta memiliki jiwa kebangsaan yang tinggi dan kuat.

Apa itu pendidikan karakter dan contohnya semoga bisa terjawab dalam pembahasan kita kali ini. tetapi bagi Anda yang ingin mendapatkan penjelasan lebih lengkap, silahkan kunjungi laman materi pendidikan karakter, contoh pendidikan karakter, pendidikan karakter di masyarakat, dan lain-lain. Semoga semua pengetahuan yang kita dapatkan bisa bermanfaat bagi sesama. Terimakasih, sampai jumpa dan salam sukses!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *